About

Tentang Kami

Pilar Times dengan URL https://pilartimes.com adalah website berita terkini seputar Bandung, Indonesia, dunia Islam, sepakbola, dan MotoGP. Mengabarkan peristiwa terkini politik, sosial, bisnis, media, teknologi, gaya hidup, dll.l. Online sejak 15 Juli 2020.

Publisher: PT Media Pilar Merdeka (MPM Group)

Pilar Times berisi berita terbaru dan informasi pilihan bertema politik, sosial, budaya, hukum, ekonomi, bisnis, keuangan, kriminalitas, sport (sepakbola dan motogp), keislaman, media sosial, dll.

Arti Pilar Times

Nama website ini, Pilar Times, diambil dari salah satu nama publisher PT Media Pilar Merdeka. Semula akan mengambil nama Pilar Media atau Pilar Merdeka.

Namun, nama pertama sudah ada yang menggunakan. Nama kedua sempat menjadi kandidat kuat. Akhirnya memilih nama Pilar Times supaya berkesan global dan universal. Campuran bahasa Indonesia (pilar) dan Inggris (times).

Secara bahasa, menurut KBBI, pilar artinya tiang penguat (dari batu, beton, dan sebagainya); dasar (yang pokok); induk.

Dalam bahasa Inggris, menurut Merriam-Websterpillar artinya firm upright support for a superstructure usually ornamental column or shaft especially : one standing alone for a monument; a supporting, integral, or upstanding member or part; a solid mass of coal, rock, or ore left standing to support a mine roof; a body part that resembles a column.

Kata pilar belakangan dipopulerkan oleh MPR RI yang gencar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

Pengertian Empat Pilar Kebangsaan Dalam Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (2015) dijelaskan, empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh.  Empat Pilar Kebangsaan dimaksud adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kata times artinya “waktu”. Kata ini sudah umum digunakan sebagai nama media, mulai dari Majalah Time hingga New York Times.  Secara bahasa, time artinya waktu, tempo, zaman, jam, pukul, dan irama.

Sejumlah istilah di dunia media massa atau jurnalistik terkait dengan waktu, mulai dari unsur berita when (kapan) hingga deadline (tenggat waktu).

Jurnalis bekerja sepanjang waktu, 24 jam, sebagaimana peristiwa terjadi setiap waktu –detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dasawarsa, hingga abad.*

logo pilar times

 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Pilar Times by Email