Arab Saudi Buka Lagi Ibadah Umroh Mulai 4 Oktober

Arab Saudi Buka Lagi Ibadah Umroh Mulai 4 Oktober

PILARTIMES.COM, ARAB SAUDI — Setelah lebih dari 6 bulan penangguhan, pemerintah Kerajaan Arab Saudi kembali mengizinkan pelaksanaan ibadah umrah mulai Minggu, 4 Oktober 2020, khusus bagi jemaah dari Arab Saudi.

Dikutip laman aboutislam.net dari kantor berita Arab Saudi, jemaah umroh dari luar negeri baru boleh menjalankan ibadah umrah mulai Minggu, 1 November 2020.

Sejak pandemi Covid-19, Saudi menutup layanan ibadah umrah mulai Maret 2020. Pada pembukaan pertama ibadah umrah di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah Arab Saudi hanya membuka kuota bagi 30 persen jemaah dari kapasitas normal 20 ribu orang.

Artinya, hanya 6.000 jemaah saja yang dapat menjalankan ibadah umrah dalam sehari.

Baca Juga

Jika dalam dua pekan pembukaan ibadah umrah ini berjalan baik, maka Pemerintah Arab Saudi akan membuka kuota jemaah menjadi 75 persen. Dengan begitu, pada 18 Oktober 2020 diperkirakan 15 ribu jemaah boleh menunaikan ibadah umrah.

Mulai 1 November 2020, tidak semua jemaah dari berbagai negara boleh menjalankan ibadah umrah. Pemerintah Saudi akan menyeleksi jemaah dari negara mana saja yang boleh masuk –negara yang dinilai aman dari Covid-19.

Kasus Covid-19 di Arab Saudi hingga 22 September 2020 sebanyak 330.798 kasus dengan korban meninggal 4.542 orang.

Sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri meminta para peziarah, jamaah, dan pengunjung untuk mematuhi tindakan pencegahan dan menerapkan instruksi dan persyaratan kesehatan, termasuk mengenakan masker, menjaga jarak aman, dan menghindari kontak fisik.

Sejak merebaknya pandemi virus korona baru, Arab Saudi telah mengambil langkah drastis untuk menghentikan penyebarannya.

Langkah-langkah tersebut termasuk penutupan Masjid Suci di Makkah dan Madinah dan penangguhan umrah. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *