Cara Cek Dapat Bantuan Rp600 Ribu buat Pekerja Gaji di Bawah Rp5 Juta

bantuan uang 600 ribu

PILARTIMES.COM, JAKARTA — Pekerja yang bergaji di bawah Rp5 akan mendapatkan bantuan Rp600 ribu selama empat bulan dari pemerintah.

Sebanyak 15,7 juta pekerja akan menerima bantuan uang tunai yang akan disalurkan mulai akhir Agustus 2020 tersebut. Pencairan dilakukan dua tahap senilai masing-masing Rp1,2 juta.

Menurut Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir, saat ini baru sekitar 7 juta pekerja yang terdaftar program tersebut.

“Hari ini jumlah yang sudah terdaftar hampir 7 juta lebih,” ujar Erick dikutip Antara, Kamis (13/8/2020).

Baca Juga

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, syarat untuk mendapatkan bantuan Rp 600.000 per bulan itu antara lain Warga Negara Indonesia (WNI), terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, serta bukan karyawan BUMN, lembaga negara, instansi pemerintah (kecuali non-ASN), memiliki rekening bank aktif, dan bukan peserta Kartu Prakerja.

Nomor rekening pekerja yang akan menerima bantuan juga harus terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan akan ditransfer langsung ke rekening penerima, tanpa melalui perusahaan.

Cara Cek Dapat Bantuan

Pekerja bergaji di bawah Rp5 juta yang memenuhi syarat bisa mengecek berhak menerima bantuan. Meski pemerintah belum menyajikan daftar penerima, pekerja dapat mengecek status kepesertaan lewat aplikasi telepon pintar BPJSTK Mobile.

BPJSTKU

Diberitakan laman CNN Indonesia, peserta dapat mengunduh aplikasi dan registrasi. Setelah terdaftar, pekerja dapat mengecek status kepesertaan.

Selain itu, pekerja juga dapat mengecek lewat SMS ke nomor 2757. Namun, peserta harus mendaftarkan diri dengan format: Daftar (spasi) Saldo, diikuti nomor KTP dan tanggal lahur dan nomor peserta.

Pekerja juga dapat langsung mengecek ke situs web resmi di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ atau menghubungi via WhatsApp di +62811-9115910 atau +62 855-1500910.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *