2 Cara Mendapatkan Jodoh Wanita Shalihah

Suami Shalih Istri Shalihah
PILARTIMES.COM — Semua pria menginginkan wanita atau istri yang baik. Dalam Islam, wanita/istri yang baik disebut wanita sholehah (mar’atus shalihah) atau istri shalihah.

Bagaimana caranya mendapatkan jodoh wanita solehah atau istri salihah?

Secara umum, ada dua cara untuk mendapatkan sesuatu atau keinginan, termasuk keinginan mulia mendapatkan mar’atus shalihah, yaitu ikhtiar (usaha) dan doa.

1. Jadi Pribadi Shalih

Ikhtiar yang harus dilakukan sebagai cara mendapatkan jodoh wanita shalihah, yang pertama adalah mulai dari diri sendiri, yakni menjadi pribadi yang salih terlebih dulu!

Dalilnya jelas:

Wanita yang keji untuk lelaki yang keji, lelaki yang keji untuk wanita yang keji. Dan wanita yang baik untuk lelaki baik, wanita yang baik untuk lelaki yang baik (pula). Mereka yang dituduh itu bersih daripada apa yang dituduhkan oleh mereka yang menuduh itu. Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).” (QS An-Nur:26).

2. Bergaul dengan Orang-Orang Shalih

Selain akan mengondisikan diri menjadi pribadi yang soleh, bergaul atau berada di lingkungan orang-orang saleh akan membuka peluang mendapatkan jodoh wanita solihah.

Bergaul dengan orang-orang baik juga disyariatkan Islam.

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allâh, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur)” (QS At-Taubah/9:119).

Dalam sebuah hadits shahih disebutkan, Rasûlullâh Saw bersabda:

“Seseorang itu mengikuti din (agama; tabiat; akhlaq) kawan dekatnya. Oleh karena itu, hendaknya seseorang di antara kalian memperhatikan siapa yang dia jadikan kawan dekat” (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

“Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk” (HR Bukhari dan Muslim).

Demikian garis besar tips memperoleh jodoh wanita shalihah. Demikian pula, tips ini berlaku bagi wanita yang ingin mendapatkan pria shalih atau suami yang sholeh. Wallahu a’lam. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *