Daftar 25 Kota Terbaik di Dunia, Indonesia Masuk Satu

Kota San Miguel de Allende Meksiko
Kota San Miguel de Allende Meksiko (Foto: Getty Images)

PILARTIMES.COM — Laman Travel & Leisure merilis daftar 25 kota terbaik di dunia (The Top 25 Cities in the World) yang layak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Dirilis 8 Juli 2020, survei dilakukan sebelum 2 Maret, tepat sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia dan anjuran tinggal di rumah (stay at home).

Hasilnya mencerminkan pengalaman pembaca sebelum pandemi.

Bagi banyak pelancong, salah satu kesenangan besar mengunjungi lingkungan perkotaan adalah menyaksikan aksi yang terjadi di sekitar mereka.

Ini tentu menjadi pertimbangan bagi pembaca ketika mempertimbangkan metropol mana yang berada di antara kota-kota terbaik di dunia.

Baca Juga

Ambil No. 2 San Miguel de Allende. Anda dapat mengambil bangku di El Jardín – alun-alun di jantung kota Meksiko tengah ini – dan menikmati keliling band mariachi, upacara keagamaan, penjual buah, menggosipkan abuelas, dan anak-anak memohon pada orang tua mereka untuk membelikannya balon.

Selain jalanan yang ramai, pembaca kami juga menyukai restoran atap San Miguel, arsitektur kolonial yang berwarna-warni, hotel yang dirancang maju, dan barang-barang artisanal. Seperti yang disebutkan, itu adalah “permata kecil kota dari seorang seniman / perancang.”

Daftar 25 kota terbaik ini tersebar di sebagian besar dunia: Roma muncul di No. 13, Bangkok berikutnya di No. 12; Udaipur adalah No. 7— “salah satu tempat paling indah di India, sebuah negeri dengan banyak tempat indah,” antusias seorang pembaca; dan Kraków membuat daftar di No. 25.

Beberapa kota dikenal dengan reruntuhan kuno (No. 16 Siem Reap), yang lain untuk pencakar langit berkilau (No. 15 Tokyo). Mereka seluas Istanbul (No. 10) dan kompak seperti Charleston, Carolina Selatan (No. 18).

Indonesia menyumbang satu kota yang masuk Top 25 City, yakni Ubud, Bali, yang ada di peringkat 9.

Daftar 25 Kota Terbaik di Dunia 2020

1. Oaxaca, Meksiko

Skor: 93,54

Kota Wisata Oaxaca Meksiko (Foto: Houstonia Magazine)
Kota Wisata Oaxaca Meksiko (Foto: Houstonia Magazine)

Kota ini menempati peringkat perrtama kota terbaik di dunia 2020. Wisatawan yang meggemari seni, arsitektur, makanan, sejarah, roh jenis minuman, atau kerajinan tangan sangat tepat berkunjung Kota Oaxaca.

Oaxaca dipenuhi dengan pasar yang fantastis, termasuk Mercado Benito Juárez, tempat pengunjung dapat menemukan bahan pokok lokal seperti taco belalang.

Kota ini juga memiliki museum seni modern di sebuah rumah besar abad ke-17 dan, 20 menit jauhnya, sebuah situs arkeologi pra-Kolombia yang mengesankan.

Budaya rakyat tidak hanya hidup di kota Meksiko selatan ini tetapi juga berkembang. Anda bis mengunjungi pembuat keranjang, seorang wanita yang membuat tembikar merah, penenun karpet yang mewarnai benang mereka sendiri, dan sekelompok pemahat kayu yang luar biasa yang mengecat / menghias ukiran.

2. San Miguel de Allende, Meksiko

Nilai: 92,01

Kota San Miguel de Allende Meksiko
Kota San Miguel de Allende Meksiko (Foto: Getty Images)

San Miguel de Allende, sebuah kota era kolonial di dataran tinggi tengah Meksiko, dikenal dengan arsitektur Spanyolnya yang barok, pemandangan seni yang berkembang, dan festival budaya.

Di pusat kota yang bersejarah dan berbatu, terletak gereja neo-Gotik Parroquia de San Miguel Arcángel, yang menara merah jambu yang dramatis menjulang di atas plaza utama, El Jardín. Gereja Templo de San Francisco di dekatnya memiliki fasad churrigueresque abad ke-18.

3. Hoi An, Vietnam

Nilai: 90,52

Kota Wisata Hoi An Vietnam
Kota Wisata Hoi An Vietnam (Foto: Asian Wanderlust)

Hội An adalah sebuah kota di pantai tengah Vietnam yang terkenal dengan Kota Kuno yang terpelihara dengan baik, dipenuhi kanal.

Sejarah melting-pot bekas kota pelabuhan tercermin dalam arsitekturnya, perpaduan era dan gaya dari ruko dan kuil Cina dari kayu hingga bangunan kolonial Prancis yang berwarna-warni, rumah tabung berornamen Vietnam, dan Jembatan Tertutup Jepang yang ikonik dengan pagoda-nya.

4. Chiang Mai, Thailand

Nilai: 89,62

Chiang Mai Thailand
Chiang Mai Thailand (Foto: TripSavvy)

Chiang Mai adalah kota di pegunungan utara Thailand. Didirikan pada tahun 1296, ia adalah ibu kota Kerajaan Lanna yang independen hingga tahun 1558.

Wilayah Kota Tua masih mempertahankan sisa-sisa tembok dan parit dari sejarahnya sebagai pusat budaya dan agama. Itu juga rumah bagi ratusan kuil Budha yang rumit, termasuk Wat Phra Singh abad ke-14 dan Wat Chedi Luang abad ke-15, yang dihiasi oleh ular berukir.

5. Florence, Italia

Nilai: 89,21

Florence Italia
Florence Italia

Florence adalah sebuah kota di Italia tengah dan ibu kota wilayah Tuscany. Ini adalah kota terpadat di Tuscany, dengan 383.084 penduduk pada 2013, dan lebih dari 1.520.000 di wilayah metropolitannya.

Florence adalah pusat perdagangan dan keuangan Eropa abad pertengahan dan salah satu kota terkaya di zaman itu. Dianggap oleh banyak akademisi sebagai tempat kelahiran Renaisans, dan disebut “Athena Abad Pertengahan”.

Kota ini menarik jutaan wisatawan setiap tahun, dan UNESCO menyatakan Pusat Sejarah Florence sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1982. Kota ini terkenal karena budaya, seni Renaisans, arsitektur, dan monumennya.

Kota ini juga memiliki banyak museum dan galeri seni, seperti Galeri Uffizi dan Palazzo Pitti, dan masih memberikan pengaruh di bidang seni, budaya, dan politik. Karena warisan artistik dan arsitektur Florence, Forbes menjadikannya sebagai salah satu kota terindah di dunia.

6. Kyoto, Jepang

Nilai: 88,77

Kyoto adalah kota yang terletak di Pulau Honshu, Jepang. Kota ini merupakan bagian dari daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto.

Kyoto memiliki banyak situs bersejarah dan merupakan ibu kota Prefektur Kyoto. Ibu kota istana bernama Heian-kyō ditetapkan sebagai ibu kota pada 794.

7. Udaipur, India

Nilai: 88,49

Udaipur, sebelumnya ibu kota Kerajaan Mewar, adalah sebuah kota di negara bagian Rajasthan di India barat. Didirikan oleh Maharana Udai Singh II pada tahun 1559, ia didirikan di sekitar serangkaian danau buatan dan dikenal dengan tempat tinggal kerajaan yang mewah.

City Palace, menghadap ke Danau Pichola, adalah kompleks monumental dari 11 istana, halaman dan taman, yang terkenal dengan mosaik meraknya yang rumit.

8. Luang Prabang, Laos

Nilai: 88,17

Luang Prabang atau Louangphrabang adalah sebuah kota yang terletak di utara pusat Laos, pada Sungai Mekong sekitar 425 km sebelah utara Vientiane, dan ibu kota Provinsi Louangphabang.

Saat ini jumlah penduduk kota ini adalah sekitar 103.000 jiwa. Dahulu kota ini adalah sebuah ibu kota kerajaan dengan nama yang sama.

9. Ubud, Indonesia

Nilai: 88,16

Kota Ubud, terletak di bagian tengah pulau Bali, dikenal sebagai pusat tarian dan kerajinan tradisional.

Hutan hujan dan terasering padi yang mengelilingi kawasan Ubud, ditambah pura dan tempat pemujaan, merupakan salah satu lanskap Bali yang paling terkenal. Terdapat situs suci kuno, yaitu Goa Gajah, yang memiliki ukiran serba mendetail dan Gunung Kawi, yaitu tempat pemujaan yang diukir dari batu.

10. Istanbul, Turki

Nilai: 88,14

Istanbul, yang dalam sejarah juga dikenal sebagai Konstantinopel dan Bizantium, adalah kota terpadat di Turki yang menjadi pusat perekonomian, budaya, dan sejarah negara tersebut. Istanbul merupakan kota lintas benua di Eurasia yang membentang melintasi Selat Bosporus di antara Laut Marmara dan Laut Hitam.

Itu dia 10 besar daftar 25 kota terbaik di dunia versi wisatawan. Berikut ini kota terbaik posisi 11-25 versi Travel & Leisure.

11. Mexico City, Meksiko (Nilai: 87,95)
12. Bangkok, Thailand (Nilai: 87,91
13. Roma, Italia (Nilai: 87,90)
14. Jaipur, India (Nilai: 87,87)
15. Tokyo, Jepang (Nilai: 87,67)

16. Siem Reap, Kamboja (Nilai: 87,38)
17. Lisbon, Portugal (Nilai: 87,34)
18. Charleston, Carolina Selatan (Nilai: 87,29)
19. Cuzco, Peru (Nilai: 87,24)
20. Porto, Portugal (Nilai: 87,15)

21. Singapura (Nilai: 87,05)
22. New Orleans (Nilai: 87,03)
23. Seville, Spanyol (Nilai: 87,00)
24. Mérida, Meksiko (Nilai: 86,84)
25. Kraków, Polandia (Nilai: 86,80)

Mana kota favorit Anda?

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *