Dibuka 8-12 Agustus 2020, Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Syarat Daftar Kartu Prakerja

PILARTIMES.COM, JAKARTA — Pemerintah sudah membuka kembali pendaftaran program Kartu Prakerja. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka sejak Sabtu, 8 Agustus 2020, hingga 12 Agustus 2020.

Peminat Kartu Prakerja dapat mendaftarkan diri secara online melalui situs www.prakerja.go.id

Sebelum mendaftarkan, Anda harus menyiapkan Nomor KTP, Kartu Keluarga (KK), Nomor HP, dan waktu. Setelah semuanya siap, pilih waktu dan lokasi yang tepat untuk setidaknya selama 30 menit hingga 1 jam.

Pastikan koneksi internet Anda stabil tanpa gangguan. Pasalnya, selain harus mengisi formulir, calon peserta Kartu Prakerja akan menjawab beberapa pertanyaan dan mengisi tes online. Ada 18 pertanyaan yang harus dijawab.

Baca Juga

Siapkan juga kalkulator bagi yang lemah di bidang matematika. Sebabnya, ada beberapa pertanyaan berkaitan dengan penambahan, pembagian, dan perkalian.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Di laman resmi Kartu Prakerja disebutkan, syarat daftar Kartu Prakerja antara lain WNI, minimal berusia 18 tahun, dan tidak menempuh pendidikan formal.

Dalam “wawancara tertulis online”, ada juga pertanyaan seputar profesi saat ini dan situasi pekerjaan selama 3 bulan terakhir.

Cara Daftar Kartu Prakerja

LANGKAH 1

Untuk daftar online, siapkan komputer/laptop, dan koneksi internetnya. Buka browser Google Chrome atau Mozilla Firefox, lalu buka website resmi Kartu Prakerja.

Anda akan diminta memasukkan email, password (bukan password email, tapi password untuk login ke web kartu prakerja), juga nomor HP.

Usai daftar, cek email untuk mendapatkan link Verifikasi Email untuk registrasi Prakerja. Cek juga inbox SMS di HP Anda untuk melihat dan memasukkan kode verifikasi.

LANGKAH 2

Setelah login kembali, Anda akan menjalani Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

LANGKAH 3

Pilih Pelatihan yang Diinginkan. Pastikan mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang dipilih.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Setelah syarat terpenuhi dan daftar dilakukan, langkah selanjutnya adalah berdoa karena Anda bersaing dengan jutaan orang lain yang juga ingin ikut program Kartu Prakerja ini. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment