Gaji ke-13 PNS dan TNI-Polri Cair Agustus 2020

Ilustrasi PNS/ASN
Ilustrasi PNS/ASN (Foto: nusabali.com)

PILARTIMES.COM, JAKARTA — Gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan TNI/Polri akan cair bulan Agustus 2020.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, gaji ke-13 ini akan diberikan kepada ASN, TNI, Polri di bawah jabatan eselon II seperti pada saat pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Mei 2020.

“Pembayaran gaji ke-13 akan direncanakan bulan Agustus 2020. Kami memperhatikan kebijakan THR Mei yang lalu yaitu tidak diberikan kepada pejabat negara, pejabat eselon I, eselon 2, dan pejabat yang setingkat mereka. Namun, gaji dan pensiun ke-13 diberikan kepada seluruh ASN, TNI, Polri yang tidak masuk pejabat negara, pejabat eselon I, eselon 2, dan pejabat yang setingkatnya,” jelasnya pada konferensi pers virtual di Jakarta,a Selasa, (21/7/2020).

Disebutkan, total anggaran yang disiapkan adalah sebesar Rp28,5 triliun yang terdiri dari APBN Rp14,6 triliun untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji ASN pusat Rp6,73 triliun.

Sedangkan untuk pensiun ke-13 adalah Rp7,86 triliun. Untuk ASN daerah melalui APBD adalah sebesar Rp13,89 triliun.

Baca Juga

Pemberian gaji ke-13 ini juga sekaligus strategi pemerintah untuk stimulus perekonomian agar kegiatan konsumsi tetap berjalan di masa pandemi Covid-19. Aturan pelaksanaan gaji ke-13 tahun 2020 dilakukan melalui revisi PP 35/2019 dan PP 38/2019.

Sebelumnya, kalangan ASN, TNI, dan Polri dibuat cemas ketika Presiden Jokowi meminta Menkeu Sri Mulyani untuk mengkaji ulang pembayaran gaji-13 bagi PNS.

“Presiden meminta kami membuat kajian untuk pembayaran, apakah perlu untuk dipertimbangkan lagi, mengingat beban belanja negara yang naik,” kata Sri Mulyani dalam rapat bersama Komisi Keuangan DPR, 6 April 2020.

Rencana itu dinilai penting dipikirkan ulang karena pendapatan negara berkurang signifikan hingga akhir tahun. Belanja negara telah membengkak untuk penanganan Covid-19 dengan proyeksi defisit APBN mencapai 6,34 persen dari produk domestik bruto atau PDB. (PT/Kemenkeu)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *