Gatot Nurmantyo Tegaskan KAMI Gerakan Moral Selamatkan Indonesia

Deklarasi KAMI Magelang
Deklarasi KAMI Magelang (Foto: kompas.com)

PILARTIMES.COM, MAGELANG — Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menegaskan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia ( KAMI) adalah gerakan moral untuk menyelamatkan Indonesia.

Hal itu ditegaskannya saat menghadiri deklarasi KAMI di Alun-alun Kota Magelang, Jumat (18/9/2020). Deklarasi ini diikuti oleh anggota KAMI dari wilayah kabupaten dan kota se-Jawa Tengah.

Mantan Panglima TNI yang juga Presidium KAMI ini menyampaikan orasi singkat. Gatot mengatakan, KAMI merupakan gerakan moral yang hadir untuk menyelamatkan Indonesia.

Ia menilai ada sebagian kelompok yang terorganisasi rapi saat ini untuk mengganti Pancasila, yang otomatis akan mengganti NKRI.

“Di Magelang ini saya mengenyam pendidikan militer. Di sini pula saya mengucap sumpah prajurit, yakni setia pada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Lalu saya sekarang bangkit, karena ada sebagian kelompok yang berusaha mengubah Pancasila,” ujarnya dikutip kompas.com.

Baca Juga

Menurut Gatot, deklarasi di Magelang tidak ada perintah dari pusat, tetapi inisiatif sendiri.

Ia menyadari ada sejumlah penolakan atas kehadiran KAMI di beberapa wilayah, termasuk di Magelang. Namun, ia menyatakan hal itu justru membuat kelompok ini tetap tangguh.

“Spanduk-spanduk itu, apa pun yang menentang KAMI, menurut saya adalah itu peringatan dari Allah SWT agar KAMI lebih kuat, lebih tangguh, dan tidak berhenti,” ucap Gatot.

Menurutnya, para penolak KAMI tidak menjadi masalah. Mereka yang menolak merupakan saudara sesama Indonesia juga. Ia pun meminta massa KAMI untuk tidak memusuhinya.

“Kalau ada yang menjelekkan KAMI, tapi berjuang untuk Indonesia berarti sama, mereka saudara kita juga. Selama tujuan mereka adalah untuk Indonesia, untuk Indonesia, untuk Indonesia, maka mereka kawan kita. Tapi, kalau melawan Indonesia otomatis jadi lawan KAMI,” tegas Gatot.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *