Hari Ini Gedung Sate Genap Berusia 100 Tahun

PILARTIMES.COM, BANDUNGGedung Sate Jln Diponegoro Kota Bandung hari ini, Senin, 27 Juli 2020, berulang tahun yang ke-100.

Usia satu abad Gedung Sate yang jadi ikon Kota Bandung dan Jawa Barat ini diingatkan Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) melalui akun Twitter.

“Selamat Ulang Tahun Gedung Sate. Tepat 27 Juli 1920 dilaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan Gedung Sate,” tulisnya.

“Berdiri tegak sejajar dengan Gunung Tangkubanparahu, kini usianya menginjak 100 tahun. Genap seabad, bangunan bersejarah ini semakin kokoh & gagah. Usia pun hanyalah angka bagi Gedung Sate. 27 Juli 1920, menjadi awal sejarah pembangunan Gedung Sate dgn melibatkan 2.000 tukang.”

“Saat ini, Gedung Sate semakin canggih dengan kemajuan teknologi, beragam dokumentasi tentang sejarahnya pun dapat dilihat di Museum Gedung Sate yang dibuka sejak akhir 2017,” imbuhnya.

Baca Juga

Mengutip laman Wikipedia, Gedung Sate pada masa Hindia Belanda disebut Gouvernements Bedrijven (GB). Peletakan batu pertama pembangunan gedung ini dilakukan oleh Johanna Catherina Coops, puteri sulung Wali kota Bandung, B. Coops dan Petronella Roelofsen.

Ia mewakili Gubernur Jenderal di Batavia, J.P. Graaf van Limburg Stirum. Gedung Sate merupakan hasil perencanaan sebuah tim yang terdiri dari Ir.J.Gerber, arsitek muda kenamaan lulusan Fakultas Teknik Delft Nederland, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks serta pihak Gemeente van Bandoeng, diketuai Kol. Pur. VL. Slors.

Dari 2.000 pekerja yang terlibat, 150 orang di antaranya pemahat, atau ahli bongpay pengukir batu nisan dan pengukir kayu berkebangsaan China yang berasal dari Konghu atau Kanton.

Selama kurun waktu 4 tahun pada bulan September 1924 berhasil diselesaikan pembangunan induk bangunan utama Gouverments Bedrijven, termasuk kantor pusat PTT (Pos, Telepon dan Telegraf) dan Perpustakaan.

Kini Gedung Sate menjadi pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat sekaligus ikon Kota Bandung dan Jabar. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *