IDI Kacung WHO dan Jerinx Trending, Ini Pengertian ‘Kacung’

pengertian kacung

PILARTIMES.COM — Frasa “IDI Kacung WHO” trending topic di Twitter, Rabu (12/8/2020). Sumbernya adalah penetapan musikus I Gede Ari Astina alias Jerinx sebagai tersangka oleh Polda Bali.

Jerinx menjadi tersangka dalam kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian “IDI kacung WHO” yang diposting di akun instagramnya. Penetapan tersangka drummer Superman Is Dead itu setelah dalam gelar perkara penyidik menemukan terpenuhinya unsur pidana.

Polisi menjerat Jerinx dengan Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Pasal ini berbunyi “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)”.

Kata¬†kacung yang ditujukan kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dinilai termasuk “menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan”.

Pengertian Kacung

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring), kacung artinya pesuruh, pelayan, jongos (biasanya anak laki-laki).

Ungkapan kacung dalam konteks “IDI Kacung WHO” berkonotasi merendahkan atau menghina.

IDI adalah organisasi profesi kedokteran di Indonesia. Pada 2018, Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan IDI sebagai satu-satunya organisasi profesi kedokteran yang sah di Indonesia.

WHO adalah singkatan dari World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia. WHO merupakan salah satu badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional.

WHO bermarkas di Jenewa, Swiss. WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948. Direktur Jendral sekarang adalah Tedros Adhanom.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *