Indonesia di Ambang Resesi: Siapkan Uang Tunai, Tunda Gaya Hidup!

pengertian resesi

PILARTIMES.COM, JAKARTA — Akibat pandemi Covid-19, sejumlah negara sudah mengalami resesi. Indonesia pun di ambang resesi ekonomi.

Setidaknya sudah 9 negara yang mengalami resesi. Terbaru, Kamis (6/8/2020), Filipina mengumumkan telah mengalami resesi.

Mengutip Forbes, 15 Juli 2020, resesi merupakan bagian yang tak terhindarkan dari siklus perekonomian suatu negara.

Resesi terjadi saat kegiatan ekonomi turun secara signifikan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Baca Juga

Selama pandemi virus corona, setidaknya sudah ada sembilan negara yang mengalami resesi. Negara-negara yang sudah resesi adalah negara-negara maju, yakni Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Italia, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, dan Singapura, serta Filipina.

Ekonomi Indonesia disebut-sebut sudah diambang resesi.

Perencana Keuangan, Andi Nugroho, menyarankan masyarakat untuk menyiapkan uang tunai (cash) dalam bersiap menghadapi resesi.

Andi mengatakan, uang cash menjadi sangat penting agar bisa menjadi modal ketika situasi sulit menerpa. Misalnya, terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada perusahaan tempat bekerja.

“Bisa dibilang seperti itu. Karena ‘kan istilahnya kalau terjadi resesi kemungkinan bisa terjadi pengurangan karyawan ataupun kita punya bisnis mungkin pertumbuhan bisnis kita berkurang,” ujarnya.

Menurut Andi, sambil memegang uang cash, kebutuhan lainnya juga ada baiknya untuk ditunda. Khususnya untuk pengeluaran yang sifatnya untuk memenuhi gaya hidup. (PT/Okezone/Kompas)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *