Ini Amalan Sunah Malam Jumat yang Sebenarnya

amalan sunah malam jumat

PILARTIMES.COM — Malam Jumat adalah waktu istimewa dalam Islam. Bagi kaum muslim, hari Jum’at adalah hari raya untuk melaksanakan amalan sunah dan meraih keberkahan.

Tagar #MalamJumat biasanya menjadi trending topic di Twitter pada Kamis malam, diikuti hashtag #JumatBerkah yang menjadi topik populer keesokan harinya (hari Jumat).

Keistimewaan Hari Jumat antara lain di hari inilah umat Islam melaksanakan ibadah shalat berjamaah di masjid pada waktu shalat Zhuhur sebanyak 2 rakaat. Sebelum shalat berjemaah, ada khotbah Jumat berintikan pesan atau nasihat takwa dan khotib.

Keistimewaan lainnya, hari Jumat merupakan hari bersejarah. Diriwayatkan oleh Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad dari Sa’ad bin ‘Ubadah, di hari Jumat Nabi Adam diciptakan. Pada hari Jumat pula, Nabi Adam dimasukkan kedalam surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga.

Baca Juga

Kiamat juga disebut akan terjadi pada hari Jumat.

Menurut kalender hijriyah, hari Jumat dimulai Kamis saat matahari terbenam atau saat memasuki waktu shalat Magrib. Karenanya, sangat disarankan melakukan amalan-amalan sunah.

Amalan Sunah Malam Jumat

Berikut ini amalan sunah malam Jumat yang sebenarnya.

1. Membaca Al-Quran Surat Al Kahfi

Surat Al-Kahfi bisa dikerjakan pada malam Jumat atau di hari Jumat. Keutamaan membaca surat ini manfaatnya dapat diberikan ketenangan hati hingga satu pekan. Dengan membaca surat itu, maka kita akan dieterangi cahaya antara dua Jumat. Selain itu, kita akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal.

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” sebagaimana bunyi Hadits Riwayat ad-Darimi seperti dikutip bimbinganislam.com.

2. Membaca Surat Yasin

Sunah malam Jumat berikutnya yakni membaca Surat Yasin. Keutamaan membaca surat tersebut yakni Allah akan mengabulkan permintaan kita seperti disebutkan dalam HR Abu Daud dari al-Habr.

“Barangsiapa membaca Surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

3. Shalat Tahajud

Allah SWT memberikan berkah dan rahmat yang besar bagi umatnya yang menjalankan salat tahajud. Dalam Surat Al Isra ayat 79 Allah akan mengangkat ke tempat terpuji jika menjalankan salat tahajud.

“Dan pada sebagian malam, dirikanlah salat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS.Al-Isra:79).

4. Membaca Shalawat

Kaum musli dianjurkan untuk membaca shalawat pada malam Jumat. Membaca shalawat memiliki banyak manfaat, antara lain dikabulkan doa yang kita panjatkan.

“Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan selawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR Thabrani).

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

5. Berhubungan Suami Istri

Ada anggapan salah satu sunah malam Jumat adalah berhubungan suami istri. Tidak ada dalil yang menyatakan demikian.

Anggapan itu dikaitkan dengan sunah mandi sebelum berangkat ke masjid untuk shalat Jumat.

“Siapa yang mandi pada hari jum’at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jum’at dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudia ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat jum’at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara jum’at itu dan jum’at sebelumnya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Demikian amalan sunah malam Jumat. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *