Jabar Berlakukan Sanksi Denda Rp150 Ribu bagi Warga Tidak Pakai Masker

Ridwan Kamil GTTP Covid-19 Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Ketua GTTP Covid-19 Jabar (Foto: Humas Jabar)

PILARTIMES.COM, BANDUNG — Warga Jawa Barat (Jabar) yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah bakal kena denda maksimal Rp150 ribu mulai 27 Juli 2020.

Menurut Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, sanksi denda bagi yang tidak menggunakan masker ini diterapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jabar sebagai tindakan pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami akan melakukan pendisiplinan. Karena proses edukasi sudah dilakukan, proses teguran sudah dilakukan, kini tahap pendisiplinan berupa denda. Jadi akan ada denda dengan nilai Rp100 ribu sampai Rp150 ribu kepada mereka yang tidak menggunakan masker di tempat umum,” jelasnya saat konferensi pers di Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (13/7/2020).

Ridwan Kamil melanjutkan, proses denda terhadap warga di Jabar yang kedapatan tidak menggunakan masker di tempat umum akan dimulai pada 27 Juli 2020.

Proses pendisiplinan ini akan dilakukan GTPP Covid-19 di wilayah Jabar selama 14 hari, sejak tanggal 27 Juli 2020.

Baca Juga

“Kalau di rumah tidak wajib (pakai masker). Tapi untuk kewaspadaan, silakan saja menggunakan masker di rumah,” ucapnya.

Warga Jabar yang sedang berolah raga di tempat umum merupakan kalangan yang dikecualikan dalam kebijakan pendisiplinan penggunaan masker.

“Pengecualiannya adalah kalau dia akan melakukan pidato, maka boleh melepas dulu masker. Kalau lagi makan di ruang publik (tempat umum) juga dipersilakan melepas sementara masker,” ujarnya dikutip laman PRFM News.

masker corona

Fungsi Masker

Masker menjadi salah satu protokol kesehatan penting guna mencengah penularan virus corona. Mengutip laman Alodokter, menurut penelitian, menggunakan masker mulut dengan benar memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Selain menghindari paparan polusi udara, masker berfungsi mencegah penularan dan penyebaran penyakit, termasuk virus corona.

Menurut sejumlah penelitian, menggunakan masker mulut dapat membantu mencegah Anda menularkan atau tertular berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk, ISPA, dan sindrom pernapasan akut berat atau Severe Acute Respiratory Syndrome.

Memakai masker mulut dapat menjadi salah satu cara terbaik agar kita tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa membantu mencegah virus dan bakteri menyebar melalui lendir atau cairan (droplet) yang keluar saat bersin atau batuk. (PT).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *