Jadi Entrepreneur Sukses Itu Tidak Mudah, Ini Syaratnya

entrepreneur wisaswasta

PILARTIMES.COM, BANDUNG — Untuk¬†menjadi entrepreuneur atau wiraswasta (membuka usaha sendiri) itu tidak mudah. Seorang entrepreneur itu dituntut memiliki kompetensi meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Demikian dikemukakan pakan manajemen strategis Dr Meriza Hendri dalam tulisannya di katalisplus.com.

“Tugas utama seorang entrepreneur adalah membuat keputusan agar bisa mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainable, dan grow,” kata Direktur PT Strabiz Manajemen Bandung ini.

“Menjadi seorang entrepreneur karena tuntutannya banyak. Betul sekali, tidak mudah bagi orang yang tidak memiliki kompetensi yang terdiri dari knowledge, skill, dan attitude untuk menjalankan peran sebagai seorang entrepreneur,” tegas Meriza yang juga narasumber Program Belbiz on Radio K-Lite 107,1 FM ini.

Ia menyebutkan tiga kata kunci dalam kompetensi ini, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang benar sebagai seorang entrepreneur.

Dijelaskannya, pengetahuan yang harus dimiliki oleh entrepreneur itu ada beberapa, yaitu entrepreneurship, bisnis, manajemen, digitalisasi, soft skill, dan agama.

“Keenam pengetahuan ini penting bagi setiap entrepreneur dalam membuat keputusan bisnis untuk bisa membuat bisnis mencapai profit, people, planet, sustainable, dan grow,” paparnya.

Skill yang harus dimiliki oleh entrepreneur adalah thinking ability, time management, leadership skill, decision making skill, communication skill, team building skill, networking skill sampai kepada motivational skill.

Meriza menjelaskan, kedelapan soft skill tersebut dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis dan menggerakkan tim agar bisa menjalankan bisnis.

Attitude atau sikap yang perlu dimiliki oleh entrepreneur adalah professional dalam berbisnis sembari menjaga integritas, disiplin, komitmen dalam menjalankan bisnis.

“Attitude memegang peranan yang sangat stratejik dalam penentuan keberhasilan seorang entrepreneur,” kata Meriza.

Oleh karena itu, kata Meriza, sudah waktunya seorang entrepreneur fokus pada peningkatan kompetensi seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnis agar bisa membangun bisnis yang dapat mencapai tujuan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

“Karena inilah hakikat dari manajemen stratejik yang harus dikuasai oleh entrepreneur,” pungkasnya.

Wiraswasta adalah karakter atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menyadari serta merintis berbagai macam peluang usaha. Wiraswasta itu juga merupakan tindakan atau kemampuan mengkoordinasi sumber daya alam, energi, dan juga manusia menjadi produk dan jasa bernilai ekonomi.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *