Kantong Kresek Dilarang, Ini Alternatif Pembungkus Daging Kurban

Idul Adha Kurban

PILARTIMES.COM — Kantong kresek atau kantong plastik tidak dianjurkan untuk digunakan untuk membungkus daging kurban. Ada beberapa alternatif yang bisa digunakan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan agar panitia kurban tidak membungkus daging kurban dengan kantong kresek.

Menurut Kepala BPOM Penny K. Lukito, sebagian besar kantong kresek merupakan hasil daur ulang plastik. Hal itu berbahaya bagi kesehatan tubuh.

“Plastik daur ulang tersebut umumnya berasal dari limbah wadah bekas produk pangan, bahan kimia, pestisida, kotoran hewan atau manusia, dan lain-lain. Dalam proses pembuatan juga menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan,” ujar Penny dilansir kompas.com.

Baca Juga

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat tak menggunakan kantong kresek untuk wadah pangan, termasuk daging.

Diimbau untuk tidak menggunakan kantong plastik kresek daur ulang untuk mewadahi langsung berbagai jenis bahan baku pangan misalnya daging, ikan, dan lain-lain, serta berbagai jenis makanan siap santap.

Penny mengatakan, masih ada bahan plastik yang relatif aman digunakan untuk membungkus daging kurban. Misalnya, plastik berbahan High Density Polyethylene (HDPE) dan Low Density Polyethylene (LDPE).

Plastik tersebut, kata dia, harus mencantumkan logo tara pangan (berbentuk gelas dan garpu) pada kemasannya.

Selain itu, Penny mengingatkan agar selalu memperhatikan petunjuk penggunaan plastik yang dicantumkan oleh produsen.

“Jenis bahan plastik yang relatif aman digunakan untuk makanan: HDPE, LDPE, Polietilen Tereftalat (PET), dan Polipropilen (PP), dan yang mencantumkan logo tara pangan berupa simbol berbentuk gelas dan garpu,” kata Penny.

Imbauan tak menggunakan kantong plastik ataupun kresek untuk membungkus daging kurban sudah diserukan pemerintah sejak tahun lalu.

Masyarakat diimbau menggunakan wadah alternatif untuk membungkus daging kurban. Wadah alternatif yang bisa digunakan di antaranya besek bambu, reusable bag, food container, dan boks kertas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *