Kemenkominfo Jelaskan Hoaks Salib di Logo HUT RI dan Aksi HRS

Logo HUT RI Tanda Salib

PILARTIMES.COM, JAKARTA — Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) memasukkan isu tanda Salib di logo HUT ke-75 RI sebagai hoaks (hoax) atau berita bohong.

Isu lambang Salib dalam Logo HUT ke-75 RI ini dimasukkan dalam daftar hoax harian laman resmi Kemenkominfo, 12 Agustus 2020.

“Beredar sebuah unggahan di sosial media Twitter dengan narasi yang mengklaim logo HUT ke-75 RI menyerupai
lambang Salib,” tulisnya.

Laman resmi Kemenkominfo tentang hoaks ini mengutip klarifikasi Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama, yang menjelaskan bagian dari desain logo HUT ke-75 RI.

Baca Juga

Menurut Setya, lambang yang disebut menyerupai simbol Salib itu adalah supergraphic.

Dijelaskan, supergraphic terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun yang dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, juga mengklarifikasi narasi yg menyebutkan pemerintah memuat logo Salib dalam logo HUT Kemerdekaan RI 2020.

Ia menerangkan, logo tersebut berisi semangat untuk mendorong nilai-nilai Pancasila, di antaranya Semangat Kebhinekaan, Semangat Kebersamaan, Semangat Persatuan dalam usia Negara yang ke 75 tahun.

Ia juga menegaskan, pemerintah tidak memuat lambang Salib dalam logo Kemerdekaan RI. Ia meminta masyarakat
agar tidak berspekulasi soal logo Kemerdekaan RI tersebut.

Aksi HRS Mirip Salib

Laman laporan hoaks harian Kominfo juga memuta hoaks lainnya, termasuk beredar foto yang memperlihatkan petinggi FPI, Habib Rizieq Shihab, sedang berdiri di atas mobil.

Habib Rizieq Shihab HRS

Foto itu beredar di media sosial dengan narasi “Dia tidak Pantas jadi panutan MUSLIM Karena mempromosikan Bentuk SALIB.”

Berdasarkan penelusuran, foto yang memperlihatkan Habib Rizieq Shihab sedang berdiri di atas mobil dan mempromosikan Salib tidak berdasar.

Faktanya, foto tersebut memperlihatkan ekspresi Habib Rizieq di tengah pendukungnya. Foto aslinya diabadikan oleh wartawan Tribun Jabar, Gani Kurniawan.

Kala itu, Habib Rizieq sedang menyapa sejumlah pendukungnya usai diperiksa Polda Jawa Barat (Jabar) terkait dugaan kasus penghinaan Pancasila.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *