Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah

PILARTIMES.COM — Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dilaksanakan tanggal 9 Dzulhijjah atau sehari sebelum Idul Adha. Keutamaan puasa Arafah adalah diampuninya dosa.

Tahun ini 9 Dzulhijjah bertepatan dengan hari Kamis, 30 Juli 2020. Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020 Masehi.

Keutamaan puasa Arafah disebutkan dalam hadits shahih. Dari Abu Qotadah, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Baca Juga

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Ibnu Muflih dalam Al Furu’  mengatakan,  disunnahkan melaksanakan puasa pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, terutama puasa pada hari kesembilan, yaitu hari Arafah (puasa Arafah). Demikian disepakati oleh para ulama.

Orang yang sedang beribadah haji tidak disunnahkan untuk melaksanakan puasa Arafah.

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

“Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

عَنْ مَيْمُونَةَ – رضى الله عنها – أَنَّ النَّاسَ شَكُّوا فِى صِيَامِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – يَوْمَ عَرَفَةَ ، فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِحِلاَبٍ وَهْوَ وَاقِفٌ فِى الْمَوْقِفِ ، فَشَرِبَ مِنْهُ ، وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ

“Dari Maimunah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa orang-orang saling berdebat apakah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa pada hari Arafah. Lalu Maimunah mengirimkan pada beliau satu wadah (berisi susu) dan beliau dalam keadaan berdiri (wukuf), lantas beliau minum dan orang-orang pun menyaksikannya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Pahala Puasa Arafah: Pengampunan Dosa

Mengenai pengampunan dosa dari puasa Arafah, para ulama berselisih pendapat. Ada yang mengatakan yang dimaksud adalah dosa kecil.

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Jika bukan dosa kecil yang diampuni, moga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, moga ditinggikan derajat” (Syarh Shahih Muslim, 8: 51).

Sedangkan jika melihat dari penjelasan Ibnu Taimiyah rahimahullah, bukan hanya dosa kecil yang diampuni, dosa besar bisa terampuni karena hadits di atas sifatnya umum. (Majmu’ Al Fatawa, 7: 498-500).

Demikian keutamaan Puasa Arafah.

Padang Arafah
Padang Arafah (Foto: Wikipedia)

Nama Arafah

Arafah adalah daerah terbuka dan luas di sebelah timur luar kota suci umat Islam di Mekkah, Arab Saudi. Di padang yang luas ini, pada satu hari (siang hari) tanggal 9 Dzulhijjah, kaum muslim yang tengah beribadah haji berkumpul untuk melaksanakan inti ibadah haji, yakni Wukuf.

Wukuf di padang Arafah merupakan salah satu rukun haji, untuk mengingat Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke Bumi dari surga karena mengingkari perintah Allah dan terbawa oleh tipu daya Iblis.

Adam dan Hawa dipisahkan di dunia ini selama 40 tahun untuk bertemu kembali. Padang Arafah merupakan lokasi Adam dan Hawa bertemu. Dari peristiwa inilah nama arafah diambil yang artinya “perkenalan” atau “pertemuan” (yakni bertemunya Adam dan Hawa).

Arafah menjadi miniatur alam akhirat di saat kelak seluruh mahluk akan dikumpulkan di padang Makhsyar.

Tempat utama di Padang Arafah adalah Jabal Rahmah, sebuah tugu peringatan yang didirikan untuk mengenang tempat bertemunya Adam dan Hawa di muka bumi. Di sana juga ada Masjid Namira. (PT)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *