Komnas HAM Tegur Influencer yang Jadi Corong Kekuasaan

influencer buzzer

PILARTIMES.COM, JAKARTA — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menegurĀ  sejumlah influencer dan artis yang menjadi corong kekuasaan. Mestinya, kata Komnas HAM, mereka menjadi corong kepentingan publik.

Teguran itu disampaikan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik terkait banyaknya influencer dan artis yang mempromosikan omnibus law Rancangan Unndang-Undang (RUU) Cipta Kerja di media sosial.

Menurut Taufan, influencer dan artis seharusnya tak menjadi corong kekuasaan secara sepihak dan bisa menyampaikan kepentingan masyarakat.

“Jadi dia tidak sepihak saja menjadi corong dari kekuasaan. Figur publik kan harusnya menjadi corong dari seluruh kepentingan masyarakat,” ujar Taufan dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/8/2020).

Baca Juga

Taufan menuturkan, figur publik sebaiknya mengacu pada kepentingan bersama dalam mempromosikan atau mengkampanyekan RUU Cipta Kerja.

Ia mencontohkan, influencer bisa mempromosikan untuk kemajuan HAM, pelestarian lingkungan hidup, hingga keadilan dalam distribusi sumber daya alam pertanahan.

Diingatkannya, kegiatan promosi yang pro-kekuasaan akan menjadi bumerang. Sebab, jika RUU Cipta Kerja berhasil disahkan, maka influencer dan artis juga akan terkena dampaknya.

“Karena sebetulnya nanti juga mereka akan dirugikan kalau seandainya ada regulasi yang tidak berpihak kepada masyarakat. Kita harus melihat itu dari aspek kita sebagai masyarakat,” tegasnya dikutip kompas.com.

Taufan menilai, sah-sah saja ketika influencer dan artis mempromosikan kepentingan pemerintah. Namun, seharusnya mereka juga seharusnya mampu bersikap kritis terhadap suatu kebijakan.

“Ingat cita-cita Proklamator kita, cita-cita para pendiri bangsa ini dulu, adalah keadilan. Jadi kalau keadilan justru tidak dipromosikan oleh satu kebijakan yang diusulkan pemerintah, mestinya mereka kritis,” kata Taufan.

Belakangan, sejumlah influencer dan artis tengah menjadi perbincangan masyarakat lantaran mempromosikan RUU Cipta Kerja melalui akun media sosial mereka.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *