LinkedIn, Media Sosial Kalangan Profesional

PHK Linkedin

PILARTIMES.COMLinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Demikian menurut Wikipedia.

Didirikan 2002 di Mountain View, California, Amerika, saat ini LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia di internet.

Menurut laman resminya, Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk menemukan pekerjaan yang tepat atau magang, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keterampilan yang Anda butuhkan untuk sukses dalam karir Anda.

Anda dapat mengakses LinkedIn dari desktop, aplikasi seluler LinkedIn, pengalaman web seluler, atau aplikasi seluler LinkedIn Lite Android.

Baca Juga

Sebuah lengkap profil LinkedIn dapat membantu Anda terhubung dengan peluang dengan menampilkan cerita profesional Anda yang unik melalui pengalaman, keterampilan, dan pendidikan.

Anda juga dapat menggunakan LinkedIn untuk menyelenggarakan acara offline, bergabung dengan kelompok, menulis artikel, memposting foto dan video, dan banyak lagi.

Banyak mahasiswa dan sarjana baru memanfaatkan LinkedIn untu pekerjaan atau karier. Di medsos ini menang banyak juga perekrut.

Berbeda dengan media sosial lain, LinkedIn dapat dibilang sebagai media untuk “memasarkan diri” para pencari kerja kepada perusahaan atau para profesional lain yang ada di sana.

linkedin

Selain membangun profil profesional, LinkedIn juga menjadi sarara membangun koneksi, bahkan menemukan teman lama dan teman baru layaknya Facebook.

Namun, LinkedIn bukan tempat curhat atau narsis seperti Facebook dan Instagram. LinkedIn adalah sarana memperlihatkan keahlian (skills).

Masih menurut laman resminya,┬áLinkedIn adalah jejaring sosial untuk pencari kerja, profesional, dan bisnis. Anda bisa membangun jaringan (networking), menemukan kontak bisnis, terhubung dengan perekrut, dan menggunakan profil profesional sebagai “resume online”.

Filter pencarian pekerjaan LinkedIn membantu Anda mempersempit dari jutaan pekerjaan yang diposting ke pekerjaan yang tepat untuk Anda.

Anda bisa menggunakan “peringatan pencarian pekerjaan” untuk mendapatkan pemberitahuan ketika posisi baru terbuka di perusahaan yang Anda minati, sambil terhubung langsung dengan perekrut atau karyawan di jaringan Anda.

Manfaatkan jaringan Anda untuk meminta rujukan ke perusahaan tempat Anda melamar dan membuat resume Anda diperhatikan. Anda juga dapat melamar saat bepergian untuk menghemat waktu dan menjadi aplikasi pertama untuk pekerjaan impian Anda.

“Gunakan LinkedIn untuk menavigasi karier Anda dengan percaya diri – apakah Anda ingin mencari pekerjaan baru, tetap terhubung dengan jaringan Anda, atau mengikuti perkembangan terkini dari koneksi dan industri Anda,” tulis LinkedIn.

Mengapa Anda akan senang menggunakan aplikasi LinkedIn?

  1. Pencarian pekerjaan: Jelajahi saat dalam perjalanan dan atur peringatan pekerjaan sehingga Anda dapat menjadi yang pertama melamar
  2. Melamar pekerjaan: Lamar dengan mudah ke jutaan pekerjaan dengan resume Anda, langsung dari aplikasi
  3. Berita industri: Tetap mengikuti berita dan percakapan terbaru yang terjadi di industri Anda
  4. Mengobrol dengan jaringan Anda: Kirim pesan dan dapatkan peringatan saat kontak Anda membalas
  5. Jaringan bisnis: Gunakan fitur Temukan di Sekitar dan pemindai kode QR untuk dengan mudah menemukan dan terhubung dengan orang yang Anda temui saat ini

Jaringan Sosial

  1. Temukan teman, teman sekelas, dan kolega untuk ditambahkan ke jaringan Anda
  2. Lihat pembaruan tentang aktivitas mereka dan hubungi aplikasi untuk tetap berhubungan
  3. Bagikan artikel, komentar, dan pengetahuan dengan jaringan Anda
  4. Ikuti hashtag untuk mendapatkan pembaruan tentang topik yang paling Anda pedulikan

Jaringan Bisnis

  1. Ikuti perusahaan, pemberi pengaruh, dan topik yang Anda minati
  2. Jangkau koneksi di perusahaan yang Anda minati untuk mendapatkan referensi dan saran
  3. Pelajari tentang apa yang terjadi di industri Anda dengan konten hasil kurasi

Sumber: LinkedIn

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *