Melbourne Denda Warga Tanpa Masker Rp 2 Juta

Denda Masker Melbourne Australia

PILARTIMES.COM, AUSTRALIA — Memakai masker menjadi protokol kesehatan yang berlaku di seluruh dunia, termasuk di Kota Melbourne, Australia.

Warga kota di negara bagian Victoria itu wajib memamai masker jika keluar rumah guna menghindari penularan Covid-19.

Jika tidak menggunakan masker, mereka akan didenda sebesar 200 dolar Australia atau sekitar Rp 2 juta.

Dilansir Herald Sun, kebijakan denda bagi warga tanpa masker ini disampaikan oleh Menteri Utama Negara Bagian Victoria, Daniel Andrews, dalam sebuah konferensi pers.

Baca Juga

“Kita harus memakai masker di Victoria, dan (penggunaan masker) juga berpotensi di negara bagian lain dalam waktu yang sangat lama” kata Andrews.

“Tidak ada vaksin untuk virus menular ini, masker adalah hal yang sederhana, tetapi ini tentang mengubah kebiasaan, ini menjadi bagian sederhana dari rutinitas Anda,” lanjut Andrews.

Sanksi denda mulai diberlakukan Rabu malam. Victoria mencatat 363 kasus baru pada Minggu.

Kepala petugas kesehatan negara bagian mengatakan, Victoria berada di nomor “rollercoaster”. Dari kasus-kasus baru, 327 sedang diselidiki sementara 36 terkait dengan wabah yang diketahui.

Ada 2837 kasus aktif di Victoria. Ada 130 orang Victoria di rumah sakit dengan virus, 28 dalam perawatan intensif.

Tiga kematian terakhir, dua pria berusia 90-an dan seorang wanita berusia 90-an, menjadikan totalnya menjadi 38 di Victoria sejak pandemi dimulai. Dua dari kematian terakhir adalah penghuni panti jompo.

Denda bagi warga tidak bermasker juga diberlakukan di sejumlah daerah di Indonesia. Di Kota Bandung, warga tanpa masker disanksi kerja sosial. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan denda Rp100-150 ribu bagi warga tanpa masker mulai 27 Juli 2020. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *