Pemkot Bandung Larang Pawai Obor Malam Tahun Baru Islam

Pawai Obor Tahun Baru Islam
Pawai Obor Tahun Baru Islam (Antara)

PILARTIMES.COM, BANDUNG — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melarang pawai obor pada malam tahun baru Islam 1 Muharam 1442 Hijriah, Kamis (20/8/2020).

Larangan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementrian Agama nomor 15 tahun 2020 terkait pandemi Covid-19.

Kabag Kesra Setda Kota Bandung, Medi Mahendra, mengatakan, SE tersebut kini disosialisasikan pada kaum muslim dan pada forum umat beragama di Kota Bandung.

“Tujuannya agar kegaiatan agama tidak ke luar dari regulasi yang sudah ditetapkan Kementrian Agama,” ujar Medi dalam acara “Bandung Menjawab”, Selasa (18/8/2020), di Auditorium Balai Kota Bandung.

Medi mengatakan, larangan itu juga dikeluarkan langsung Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Baca Juga

“Sesuai arahan wali kota saat Tahun Baru Islam, kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat yang biasanya menggelar perayaan Tahun Baru Islam dengan menggelar kegiatan karnaval, arak-arakan atau pawai obor agar tidak menggelarnya,” kata Medi dilansir laman resmi Humas Kota Bandung.

“Kegiatan karnaval, arak-arakan atau pawai obor itu tidak bisa dijamin sosial dan physical distancing-nya,” ujarnya. “Kalau pun ada aktivitas peribadatan di masjid harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.”

Ia mengingatkan, jika ada masyarakat kedapatan melakukan aktivitas arak-arakan atau pawai obor pada malam tahun baru Islam, maka akan ditertibkan oleh Satpol PP.

“Tentunya sesuai peran fungsi dan tanggungjawab pihak Satpol PP akan melakukan penertiban, dengan penertiban itu masyarakat bisa mengerti demi kesehatan bersama,” tutur Medi.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *