Pesona Masjid Al-Jabbar Gedebage Bandung yang Berdiri di Atas Danau

Masjid Al-Jabbar Gedebage Bandung di atas Danau Buatan (Masjid Terapung). Lokasi: Jl. Cimencrang, Cimencrang, Kec. Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40295.

PILARTIMES.COM, BANDUNGKota Bandung memiliki ikon baru. Namanya Masjid Al-Jabbar.

Lokasinya di Jalan Cimencrang, Gedebage, Bandung. Masjid ini berdiri di atas Danau Buatan sehingga disebut juga Masjid Terapung. Loksinya tidak jauh dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Informasi dari Humas Pemprov Jabar, masjid ini berdiri di atas tanah seluas 25,99 hektare dan berada di atas Danau Gedebage.

Pembangunan Masjid Al Jabbar Bandun dimulai Desember 2017. Peletakan batu pertama dilakukan Gubernur Jabar saat itu, Ahmad Heryawan, dan wakilnya Deddy Mizwar.

Baca Juga

Masjid didesain oleh para arsitek dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Masjid tersebut diperkirakan dapat menampung 50 ribu jamaah dan akan dilengkapi dengan museum tentang Islam serta perpustakaan.

Ditunjang oleh Stasiun Kereta Api Cimekar, nantinya Masjid Al-Jabbar akan terintegrasi dengan jalur kereta cepat Bandung-Jakarta.

Masjid besar dan megah ini bakal menjadi objek wisata religi. Nama “Al Jabbar” dipilih dari salah satu Asmaul Husna yang artinya Mahagagah, Mahakuasa, yang juga mirip singkaran Jawa Barat, Jabar.

Di kawasan masjid ini akan dibangun juga Museum Asmaul Husna, Museum Nabi Muhammad SAW, sejarah Islam Indonesia, sejarah Islam Jabar, juga tempat untuk menginap, pelatihan, perpustakaan, pertemuan, dan seminar.

Masjid megah ini dibangun menggunakan APBD Jawa Barat 2017, jumlahnya diperkirakan mencapai Rp 600 miliar sampai Rp 1 triliun.

Masjid ini juga direncanakan akan menjadi pusat kesekretariatan ormas Islam di Provinsi Jawa Barat. Danau buatan yang dibangun paralel dengan pembangunan masjid juga memiliki fungsi pengendali banjir, sumber air, dan konservasi habitat. (PT)

Sumber Foto: Youtube/Google Maps/Humas Jabar

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *