Pulih dari Cedera, Marquez Siap Beraksi di MotoGP Andalusia

marc marquez motogp

PILARTIMES.COM — Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan bakal tampil di MotoGP Andalusia atau seri kedua MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez akhir pekan ini.

Dilansir Crash.net, Kamis (23/7/2020), Marquez dikabarkan hanya bakal absen untuk latihan bebas pertama (FP1) pada Jumat (24/7/2020), meskipun sudah dinyatakan pulih dari cedera setelah operasi.

Marquez bakal memanfaatkan jeda satu hari untuk benar-benar memulihkan diri agar kondisinya kembali fit untuk latihan bebas ketiga (Q3) yang digelar pada Sabtu (25/7/2020).

Marquez mengalami cedera usai jatuh di seri pertama MotoGP 2020 di Jerez pekan lalu.

Baca Juga

Kepastian Marquez tampil di MotoGP Andalusia dikemukakan manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig. Hanya dua hari setelah operasi lengan kanan yang patah, Marquez membuat kejutan kembali ke paddock Jerez Kamis pagi.

Sang juara bertahan lulus tes medis untuk mencoba dan mengendarai MotoGP Andalucia akhir pekan ini.

“Tidak ada yang berharap melihatnya di sini,” kata Puig. “Ketika kecelakaan itu terjadi, kami sangat khawatir dan tentu saja ia harus pergi ke Barcelona untuk operasi. Tetapi operasi itu berjalan, terus terang, dengan sangat baik. Kami tahu dokter itu baik tetapi itu adalah pekerjaan yang fantastis.”

“Dan setelah operasi, pengendara mulai merasa sangat baik. Dia mulai menghubungi kami, mengatakan ‘Saya tidak begitu buruk. Saya merasa baik. Saya tidak mengalami terlalu banyak rasa sakit. Saya bisa menggerakkan lengan’. Kemungkinan situasi [kerusakan] saraf, seperti yang diinformasikan dokter, baik-baik saja.”

“Awalnya, jelas, posisi Honda adalah untuk membatalkan balapan ini dan mencoba di Brno. Tetapi setelah apa yang kita lihat dari keinginan Marc, setelah apa yang dikatakan para dokter hari ini, menyatakan dia cocok, kita sampai pada sebuah posisi katakanlah ‘pemahaman’ bahwa dia akan mencoba pada hari Sabtu dan tergantung pada bagaimana perasaannya, dia akan mencoba atau tidak untuk balapan.”

“Tapi kami memintanya untuk memeriksa pada hari Sabtu pertama dan benar-benar mengerti apakah dia benar-benar mampu melakukan jarak atau tidak. Jika itu terlalu berisiko, Marc sudah mengerti bahwa ide kami adalah untuk membatalkan balapan.”

“Tapi dari hari Minggu lalu hingga hari ini, segalanya berjalan sangat cepat dan begitu cepat sehingga terus terang kami sangat terkejut.”

Puig menjelaskan, back-to-back MotoGP pertama kalinya di sirkuit yang sama berarti tidak perlu mengambil risiko untuk ikut sesi latihan bebas hari Jumat.

“Jika itu adalah trek baru, itu akan lebih sulit. Tetapi kami telah berada di sini selama lima hari, sehingga pengaturan sepeda kami tahu, ia tahu persis bagaimana cara mengendarai sepeda di trek ini. Jadi, tidak ada artinya untuk mencoba Jumat, dan untuk memberi lebih banyak tekanan pada cedera, ” kata Puig.

“Jadi dia akan mencoba hari Sabtu dan setelah itu kita akan melihat. Tapi itu sangat penting bagi Honda dan bagi tim Repsol Honda untuk juga menghormati keinginan pengendara. Jadi kita mendapatkan kompromi ini [untuk menunggu sampai Sabtu] dan kemudian kita akan melihat hasil pada hari Sabtu. ”

Sebelumnya Marquez hampir dipastikan absen di seri kedua MotoGP 2020 yang akan berlangsung di sirkuit yang sama dengan seri pertama, Sirkuit Jerez. Hanya nama balapan yang berubah menjadi MotoGP Andalusia.

Lihat: Jadwal MotoGP Andalusia – Sirkuit Jerez Spanyol 2020

MotoGP Andalusia akan berlangsung mulai Jumat. Balapan dijadwalkan Minggu (26/7/2020) malam WIB. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *