RK Klaim Jabar Bebas Zona Merah Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: jabarprov.go.id)

PILARTIMES.COM, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengklaim tida ada zona merah Covid-19 di Jawa Barat.

RK juga mengatakan, wilayahnya mempunyai zona dengan risiko rendah corona terbanyak se-Indonesia. “Daerah di Jawa Barat tidak ada yang masuk zona merah,” kata RK di Cirebon, Rabu (5/8), dikutip dari Antara.

Ia menegaskan, ketiadaan zona merah ini harus diikuti dengan penerapan protokol kesehatan secara terus-menerus. Selain itu, perlu ada kewaspadaan bagi warga yang berpergian ke daerah lain, terutama daerah yang sudah masuk zona merah.

“Mayoritas daerah di Jabar itu zona risiko rendah tertinggi di Indonesia yaitu mencapai 88 persen,” tuturnya.

Diungkapkan juga, dalam beberapa hari ke depan, sektor pendidikan di Jawa Barat, terutama Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan yang berada di daerah zona hijau, bisa kembali dibuka dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga

“Sektor pendidikan perlahan mulai kita buka kembali, namun tentunya harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Zona merah adalah istilah baru bagi daerah berisiko tinggi karena penyebaran virus tidak terkendali. Status yang lebih rendah di bawah zona merah ialah zona jingga (risiko sedang), sona kuning (risiko rendah), serta zona hijau (tak terdampak meski ada risiko penularan).

Dikutip dari situs pikobar.jabarprov.go.id, Rabu (5/8) pukul 14.29 WIB, total kasus positif Covid-19 di Jabar mencapai 6.787 orang.

Sebanyak 2.361 orang di antaranya masih aktif alias belum sembuh, 4.210 sudah sembuh, dan 216 lainnya meninggal dunia.

Zonasi Corona Jabar

Sebelumnya, Ridwan Kamil memaparkan hasil evaluasi sebanyak 22 kota/kabupaten di Jabar masuk kategori risiko rendah atau zona kuning. Lima kota/kabupaten lainnya dikategorikan ke dalam zona oranye.

“Hasilnya adalah sekitar 22 masuk zona risiko rendah atau kuning, hanya lima yang masuk kategori risiko sedang (oranye),” ucapnya, Selasa (21/7/2020).

Kelima daerah yang masuk kategori oranye adalah Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Depok, dan Kota Cimahi.

Wilayah di luar lima tersebut berada di zona kuning, termasuk Kota Sukabumi yang sebelumnya dinyatakan sebagai zona hijau. (PT/CNN)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *