Sejarah Hari Ini: 2 Agustus 1934 Adolf Hitler Jadi Führer Jerman

Adolf Hitler

PILARTIMES.COM —  Tanggal 2 Agustus merupakan hari bersejarah bagi bangsa Jerman. Pada 2 Agustus 1934, Adolf Hitler resmi menjadi kepala negara Jerman dengan gelar Führer.

Mengutip data Wikipedia, Adolf Hitler lahir di Braunau am Inn, Austria-Hongaria, 20 April 1889 dan meninggal di Berlin, Jerman, 30 April 1945 pada umur 56 tahun.

Hitler adalah Ketua Partai Nazi (Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei/NSDAP) yang merupakan Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional.

Pria kelahiran Austria ini menjabat Kanselir Jerman periode 1933-1945. Sejarah menulis, Hitler menjadi diktator Jerman Nazi bergelar Führer und Reichskanzler mulai tahun 1934 sampai 1945.

Baca Juga

Hitler identik dengan Holocaust. Ia menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Tahun 1923, saat menjadi Ketua NSDAP, Hitler melancarkan kudeta yang dikenal dengan peristiwa Beer Hall Putsch. Kudeta yang gagal tersebut berujung dengan ditahannya Hitler.

Di penjara, Hitler menulis memoarnya, Mein Kampf (Perjuanganku). Setelah bebas tahun 1924, Hitler mendapat dukungan rakyat dengan mengecam Perjanjian Versailles dan menjunjung Pan-Jermanisme, antisemitisme, dan anti-komunisme melalui pidatonya.

Hitler dikenal sebagai orator dan penulis yang sangat baik. Ia lihai menulis teks seperti prosa hingga pidato. Kemampuan menulis Hitler ini dibuktikan saat ia bebas dan membuat banyak rakyat Jerman tunduk padanya.

Setelah ditunjuk sebagai kanselir Jerman tahun 1933, ia mengubah Republik Weimar menjadi Reich Ketiga, sebuah kediktatoran satu partai yang didasarkan pada ideologi Nazisme yang totalitarian dan autokrasi.

Jerman di bawah Hitler menginvasi Polandia pada September 1939. Invasi ini menyebabkan pecahnya Perang Dunia II di Eropa.

Di bawah pemerintahan Hitler, pada 1941 pasukan Jerman dan sekutu Eropanya menduduki sebagian besar Eropa dan Afrika Utara.

Tahun 1943, Jerman mengalami serangkaian kekalahan dalam pertempuran. Tanggal 30 April 1945, Hitler bunuh diri agar tidak ditangkap Angkatan Darat Merah. Mayatnya dibakar. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *