Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2020

Hari Anak Nasional 2020

PILARTIMES.COM, JAKARTA — Bangsa Indonesia hari ini, Kamis (23/7/2020), memperingati Hari Anak Nasional (HAN).

Selain Indonesia yang memperingatinya tiap 23 Juli, negara lain juga memiliki Hari Anak (Children’s Day) pada tanggal yang berbeda-beda. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November.

Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain. Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Mengutip data Wikipedia, Hari Anak Nasional di Indonesia diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Perayaan ini dilakukan untuk merayakan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Perjuangan penetapan HAN berlangsung saat Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di era Presiden Soekarno. Kowani merupakan federasi dari organisasi-organisasi perempuan saat itu.

Sejak 1951, Kowani melalui salah satu sidangnya sudah menyepakati untuk menyelenggarakan peringatan HAN yang kala itu disebut sebagai Hari Kanak-Kanak Indonesia.

Untuk HAN tahun ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) merilis Panduan Hari Anak Nasional 2020.

Dirilis laman resmi Kemen PPPA, peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

“Upaya ini akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air di masa pandemi Covid-19,” tulisnya.

Peringatan HAN di masa pandemi Covid-19 ini adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Melalui kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, serta memastikan segala hal yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan 79,55 juta anak Indonesia secara optimal. (PT/Kemenpppa)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *