Umat Islam Diimbau Shalat Idul Adha di Rumah

Idul Adha Kurban

PILARTIMES.COM, JAKARTA — Seperti halnya Shalat Idul Fitri, umat Islam kembali diimbau Shalat Idul Adha, Jumat, 10 Dzulhijjah 1441 H/31 Juli 2020 M, di rumah saja.

Imbauan Shalat Id di rumah itu khususnya berlaku bagi umat Islam yang ada di zona merah pandemi Covid-19.

Seruan Shalat Id di rumah itu dikeluarkan Polda Metro Jaya.

“Ada surat dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) untuk menyarankan sebaiknya kita beribadah di rumah, tapi memang kalau masuk zona hijau silakan saja, tapi tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus, dikutip Antara, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga

Yusri mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di zona merah sebaiknya beribadah di rumah, demi kesehatan diri sendiri dan keluarga.

“Tetapi kalau zona merah disarankan bahwa sebaiknya beribadah dari rumah,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang tetap ingin melaksanakan kegiatan di luar ruangan, petugas juga mengimbau mereka untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Mengimbau masyarakat yang melaksanakan kegiatan agama untuk tetap dalam koridor protokol kesehatan baik itu cuci tangan, jaga jarak, menggunakan masker,” katanya.

Yusri mengatakan Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan sebanyak 3.327 personel gabungan untuk mengawal perayaan Hari Raya Idul Adha di Jakarta dan sekitarnya agar tetap dalam protokol kesehatan secara persuasif humanis.

“Anggota dalam hal ini melakukan pengamanan, yang tetap kita kedepankan adalah humanis dan persuasif,” katanya.

Polda Metro Jaya juga mengingatkan masyarakat agar tidak menggelar takbir keliling pada malam Raya Idul Adha 2020. Alasannya, kegiatan tersebut melanggar protokol kesehatan penanggulangan pandemi virus corona.

“Kami mengimbau agar tidak melaksanakan kegiatan takbir keliling. Instruksi dari pemerintah sudah jelas kepada masyarakat, mohon dipatuhi,” pungkasnya. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *