Video: Ritual Ibadah Haji

PILARTIMES.COM — Film The Rituals of Hajj ini menggambarkan prosesi ibadah haji. Haji adalah rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi muslim yang mampu secara fisik dan finansial.

Ibadah haji merupakan undangan Allah SWT. Jamaah haji adalah tamu Allah SWT. Berdasarkan rukun haji, berikut ini proses ibadah haji dimulai tanggal 8 Dzulhijjah.

Sebelum tanggal 8 Dzulhijjah, jamaah haji melaksanakan Tawaf Haji di Masjidil Haram (Makkah). Tanggal 8 Dzulhijjah (Hari Tarwiyah) menuju Mina dan Padang Arafah.

Jamaah melakukan ihram (niat) ibadah haji serta mengenakan pakaian ihram sambil ber-talbiyah mengucapkan lafadz:

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak.

Baca Juga

“Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu.”

Setelah itu, jamaah berangkat menuju Mina dan tetap berada di sana sampai matahari terbit tanggal 9 Dzulhijjah.

Pagi hari 9 Dzulhijjah, jamaah haji menuju ke Padang Arafah untuk melakukan wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa hingga Maghrib atau terbit fajar tanggal 10 Dzulhijah.

Tanggal 9 Dzulhijjah malam, jamaah haji menuju ke Muzdalifah untuk Mabit (bermalam) dan mengambil batu untuk melontar jumroh.

Tanggal 9 Dzulhijjah tengah malam, atau setelah melakukan mabit, jamaah haji meneruskan perjalanannya ke Mina untuk melontar Jumroh al-Aqabah pada 10 Dzulhijjah.

Usai melontar jumroh, jamaah melaksanakan tahalul, yaitu mencukur rambut atau sebagian rambut.

Tanggal 11 Dzulhijjah, jamaah melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga. Tanggal 12 Dzulhijjah, jamaah haji melempar jumrah sambungan (wusta) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.

Selain itu, jamaah haji juga melakukan Sa’i, yaitu berjalan atau berlari kecil dari bukit shafa ke bukit marwah, begitu pun sebaliknya. Sa’i dilakukan setelah melaksanakan thawaf.

Terakhir, jamaah haji kembali ke Makkah untuk melaksanakan Tawaf Wada’, yaitu tawaf perpisahan sebelum pulang ke negara masing-masing. (PT)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *