Warga Kota Bandung Bisa Ubah Dokumen Kependudukan via Email

dokumen kependudukan

PILARTIMES.COM, BANDUNG —  Warga Kota Bandung bisa mengubah data dokumen kependudukan di KTP atau KK melalui email atau surat elektronik (surel).

Warga Bandung tidak mesti datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Kemudahan pengurusan dokumen kependudukan ini dikemukakan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Bandung, Wuryani, dalam “Bandung Menjawab” di Balai Kota Bandung, Kamis (13/8/2020).

“Ada banyak kasus, misalnya akta kelahiran berbeda dengan di KTP, atau berbeda dengan di ijazah. Hal-hal seperti ini seharusnya diperbaiki. Semua identitas di semua dokumen itu harus sama,” ungkapnya dikutip laman resmi Humas Kota Bandung.

Dengan dibukanya pelayanan via email, membetulkan dokumen yang salah bukan lagi pekerjaan merepotkan. Karena bisa dilakukan via email, masyarakat tidak lagi ada alasan enggan untuk melakukan perbaikan data kependudukan.

Empat Loket Layanan Email

Dijelaskan Wuryani, ada empat loket Disdukcapil yang membuka pelayanan melalui email.

Loket pertama adalah perbaikan atau perubahan elemen data di kartu keluarga dan menambahkan anggota keluarga di atas 7 tahun. Perbaikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda dan konsolidasi data NIK yang tidak ditemukan juga bisa dilayani di loket A.

Warga bisa mengirim surel dan berkomunikasi dengan petugas dengan alamat loket.a.disdukcapilkotabdg@gmail.com.

Loket kedua diperuntukkan bagi layanan akta yang hilang dan akta yang rusak. Warga dapat berkirim surel ke alamat loket.d.disdukcapilkotabdg@gmail.com.

Loket ketiga untuk urusan perbaikan akta, perbaikan nama, perubahan kewarganegaraan, Akta Pengakuan Anak, Akta Pengesahan Anak, dan pengangkatan atau adopsi anak. Hal ini dilayani di loket.e.disdukcapilkotabdg@gmail.com.

Loket keempat untuk urusan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Surat Keterangan, dan pelaporan kelahiran, kematian, perkawinan, dan perceraian luar negeri. Warga dapat menghubungi petugas via email melalui aamat loket.h.disdukcapilkotabdg@gmail.com.

Wuryani menegaskan, warga Kota Bandung dapat menghubungi email tersebut sesuai dengan keperluannya.

“Jangan lupa untuk mencantumkan keperluan Anda dalam subyek surel dan jelaskan secara rinci keperluan Anda di dalam tubuh surel,” ujarnya.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *